Hari Ini:

Sabtu 29 Jul 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 18.00 WIB

SMS/Whatsapp:

08157988779

BB Messenger:

7E7424C0

Email:

2ndchoices@gmail.com

Layanan Online:

Testimoni

Pembayaran Melalui

Website Kita di Mata Search Engine

04 March 2011 - Kategori Blog

Banyak cara bisa digunakan untuk mempercantik tampilan website agar diminati oleh search engine. Bahkan ada yang sengaja melakukan spamming untuk mengungguli website pesaing sekaligus mencoba menghindari skema spider search engine. Spamming pada search engine berbeda dengan spamming email. Jika berhubungan dengan email spam berarti berkirim tawaran/berita tanpa diminta. Sedangkan spam dalam kontek search engine adalah melanggar aturan baku yang telah distandarisasi oleh situs pencari.

Spamming sedapat mungkin harus dihindari, sebab bisa dipastikan akan berdampak buruk untuk kelangsungan hidup sebuah website dan bisnis yang dijalankan. Sebaiknya mulai berpikir bagaimana sesungguhnya search engine menilai baik buruknya sebuah website. Dan ternyata hal ini bukanlah sesuatu yang rumit, karena search engine hanyalah sebuah program yang dibuat manusia. Program atau script search engine dirancang untuk meniru logika manusia pada umumnya. Website yang menurut kita baik, baik pula menurut search engine. Sebab mereka diciptakan untuk memberikan hasil pencarian yang terbaik menurut pengguna.

Ada banyak faktor yang menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan baik buruknya kualitas sebuah website. Mungkin antara satu orang dengan yang lain akan memiliki pemahaman rasa yang berbeda dalam menilai hal ini. Namun diantara sekian banyak opini yang berkembang, ada beberapa hal yang sudah disepakati secara umum, yaitu :

  1. Dalam Hal Akses Loading
    Pengguna internet pada umumnya tidak betah menunggu. Ini rumus utama yang harus kita pegang. Mereka tidak suka berlama-lama hanya untuk menunggu munculnya informasi dari web yang diakses. Sebisa mungkin kita harus mengoptimalkan desain web agar tidak terlalu berat untuk diakses, sekalipun menggunakan koneksi dial-up. Waktu 8 – 12 detik adalah kecepatan akses yang ideal. Benahi kembali komponen-komponen web kita seperti image, HTML, JavaScript, font, grafik, CSS dan lain sebagainya. Silahkan uji coba berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memunculkan halaman web kita.
  2. Content Jelas dan Enak Dibaca
    Jangan menggunakan font yang terlalu kecil dan warna yang kontras sehingga cepat membuat mata lelah. Buatlah pengunjung nyaman untuk membaca informasi yang anda sediakan, tanpa harus merubah setting font pada browser atau bahkan sampai merubah brighness dan contast pada layar monitor mereka.
  3. Desain yang Konsisten
    Disain dari satu halaman ke halaman lain harus dibuat konsisten untuk memudahkan pengunjung menemukan content yang kita sediakan. Pengunjung akan merasa bingung jika menu yang kita letakkan di halaman pertama dan kedua berubah-ubah posisinya. Buatlah mereka mudah beradaptasi, dengan disain ringan dan navigasi yang user friendly.

Jika sudah memperhatikan ketiga faktor di atas, secara teknis website kita sudah bisa dikatakan siap untuk dipublikasikan. Apalagi jika kita memiliki content web yang unik dan berkualitas, bisa dipastikan tidak akan mendapat masalah pada search engine dalam jangka waktu yang lama.

[ dikutip dari berbagai sumber ]

Search Amazon.com for Search Engine

, , , ,