Hari Ini:

Sabtu 29 Jul 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 18.00 WIB

SMS/Whatsapp:

08157988779

BB Messenger:

7E7424C0

Email:

2ndchoices@gmail.com

Layanan Online:

Testimoni

Pembayaran Melalui

Tips Submit Website Ke Directory

19 April 2011 - Kategori Blog

Jika mendaftar ke search engine, kita akan berhadapan dengan robot peng-index yang disebut dengan spider. Sedangkan untuk mendaftar ke directory maka yang kita hadapi adalah para operator manual. Ya, editor pada directory adalah manusia. Kalau ingin terdaftar, ikuti aturan mereka dan berikan yang terbaik yang bisa disajikan website kita. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum mendafterkan website ke berbagai directory utama.

Yahoo! dan Open Directory Project adalah dua directory besar yang sangat potensial untuk menaikkan traffic website. Jika web kita telah di-listing oleh mesin directory, bisa diartikan sebagai salah satu kunci sukses yang ada di tangan kita. Namun untuk bisa masuk listing bukanlah perkara yang gampang. Kita harus masuk terlebih dahulu dalam daftar tunggu yang sangat panjang, menunggu giliran untuk di-review kemudian baru masuk listing. Ingat bahwa directory menggunakan editor manusia untuk menerima website. Bagian ini akan menjelaskan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mendaftarkan website ke beberapa directory utama.

Kita mungkin mempunyai doorway page yang sempurna dengan meta tag yang terbaik di dunia. Tetapi berhati-hatilah, karena yang kita hadapi bukanlah sebuah spider, tetapi seorang editor manusia seperti kita. Semua taktik kamuflase dan strategi berkelit untuk search engine tidak akan berlaku disini. Apa yang bisa kita lakukan? Berikut tips-tips yang mungkin bisa berguna dan bandingkan dengan keadaan website kita yang sekarang :

  1. Usahakan agar website kita mempunyai domain name sendiri. Sebagian besar website yang diterima di Yahoo! memakai top level domain, dan hanya sebagian kecil saja yang memakai sub domain atau redirect URL yang dapat diterima (kecuali website kita mempunyai content yang unik).
  2. Nama domain usahakan mencerminkan isi dari website kita.
  3. Pastikan tidak ada broken link, gambar yang tak bisa tampil, atau javascript error pada halaman web. Jangan men-submit website yang belum 100% siap.
  4. Setiap direktori memiliki aturannya masing-masing. Bacalah aturan tersebut sebelumnya agar website kita terhindar dari diskualifikasi.
  5. Daftarkan website kita pada kategori yang tepat dan paling spesifik. Lihat juga berapa website yang sudah terdaftar pada kategori tersebut. Usahakan mencari kategori dengan jumlah pesaing yang paling sedikit.
  6. Daftarkan hanya halaman utama saja. Jika mendaftarkan halaman-halaman lain yang merupakan sub dari halaman utama, kemungkinan besar akan ditolak. Kecuali halaman tersebut benar-benar memiliki content yang langka.
  7. Perhatikan berapa lama kita bisa men-submit ulang website (misalnya 2 bulan). Jika belum terdaftar, lakukan submit ulang dalam jangka waktu tersebut.

Disini kesabaran kita benar-benar diuji. Yahoo setiap harinya menerima pendaftaran lebih dari 10 juta situs. Sedangkan yang bisa ditangani oleh editornya sekitar 5 sampai dengan 10 persennya saja. Jadi bersabarlah untuk melakukan submit ulang dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Kalau ingin cepat, kita bisa memakai fasilitas submission express. Dijamin website kita akan di-review dalam waktu 2-7 hari. Tetapi Yahoo mengenakan biaya US$299 per tahun, untuk fasilitas ini. Biaya tersebut hanya jaminan agar website kita di-review lebih cepat, bukan jaminan untuk diterima.

Perlu diingat disini bahwa tujuan Yahoo menerima website kita bukan untuk membantu meningkatkan visitor website, melainkan untuk melengkapi koleksi link pada direktori yang mereka miliki. Jadi jika website kita memiliki konten yang unik dan belum ada atau sedikit jumlahnya pada direktori mereka, peluang untuk terdaftar akan lebih besar. Adalah suatu keberuntungan yang sangat besar apabila website kita bisa diterima di Yahoo secara gratis untuk saat ini. Bukan apa-apa, karena hal itu menjadi sangat sulit sejak Yahoo mengubah aturan mainnya. Apalagi website kita tergolong website bisnis, hanya submission express yang bisa menyelamatkannya.

Saat ini Yahoo masih merupakan directory yang paling ramai (mengusai 25,4% dari seluruh pengguna internet) ditambah dengan Google sebagai search engine default-nya (menguasai 5% dan terus meningkat). Tetapi ada hal yang menarik. AOL, Altavista, Netscape, dan Lycos, jika digabung menguasai 40,5% dari pengguna search engine di seluruh dunia.

Keempat search engine ini memakai database dari Open Directory Project (ODP). Jadi akan sangat menguntungkan jika website kita juga terdaftar di ODP (www.dmoz.org). Direktori lainnya yang juga harus diperhatikan adalah Looksmart. Database Looksmart dipakai sebagai main result di MSN, Altavista, Excite, dan iWon. Tetapi kita harus mengeluarkan uang sebesar US$149 untuk bisa terdaftar di LookSmart Network.

[ dikutip dari berbagai sumber ]

Search Amazon.com for Search Engine & Directory

, , , ,