Hari Ini:

Kamis 27 Jul 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 18.00 WIB

SMS/Whatsapp:

08157988779

BB Messenger:

7E7424C0

Email:

2ndchoices@gmail.com

Layanan Online:

Testimoni

Pembayaran Melalui

Tips Belanja Hemat

23 January 2011 - Kategori Blog

Makanlah Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran
“Jika anda ingin menghemat uang belanja anda, makanlah buah dan sayur karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan makanan kemasan,” kata Gary Foreman, pemilik situs The Dollar Stretcher, sebuah Web site yang berisi tips dan teknik hidup lebih hemat.
Ingin mencari buah dan sayur yang lebih segar dan lebih murah? Cobalah untuk berbelanja di pasar induk. Jangan malu untuk menawar. Pilih produk yang segar dengan harga lebih murah.

Jangan Menjadi Pemalas Dalam Berbelanja
“Pemilik Supermarket tidak bodoh,” kata Foreman. “Mereka tahu bahwa kita malas memilih ketika berbelanja.” Jadi mereka menempatkan produk yang ingin mereka jual di rak dengan ketinggian antara lutut dan punggung kita, sehingga jika anda malas memilih, anda tidak perlu jauh-jauh membungkuk. Padahal, harga produk tersebut lebih mahal dibanding produk sejenis yang ditempatkan di rak paling bawah atau paling atas. “Mereka menempatkan harga produk paling mahal di rak yang kira-kira setinggi dada anda—sehingga anda dengan mudah akan menjangkaunya.” kata Foreman. Anda akan dapat menghemat lebih dari 40% dengan memilih produk yang ditempatkan di rak paling bawah atau paling atas.

Paling Ujung Paling Murah
Hampir di semua supermarket, produk alami seperti sayur, buah, daging segar dan susu segar biasanya ditempatkan di ujung supermarket. Bagian itulah yang paling murah dan bergizi dari semua produk di sebuah supermarket. Hati-hati, selama anda berjalan menuju tempat sayur dan buah segar, anda akan melalui “ladang ranjau” yaitu rak-rak yang penuh berisi produk-produk yang akan menggoda mata dan selera anda.

Belanja Lebih Pagi dan Sendiri
Cobalah untuk berbelanja sendiri. Dengan berbelanja sendiri, anda bisa lebih mengurangi pengeluaran dibanding jika anda mengajak anak atau suami/istri anda ikut berbelanja. Dan jika anda berbelanja lebih pagi, anda akan lebih cepat menemukan barang yang ada dalam daftar belanjaan anda.

Tentukan Mood Belanja Anda
Hampir semua orang tahu, jika anda lapar, maka anda akan membeli lebih banyak makanan. Tetapi, apakah anda juga tahu anda akan membeli lebih banyak di supermarket ketika anda merasa lelah atau marah?
Ketika anda lelah, anda akan mencoba menambah tenaga anda dengan membeli makanan dan biasanya anda akan membeli barang yang seharusnya tidak anda perlukan seperti makanan manis yang mengandung karbohidrat. Dan ketika anda marah, anda akan membeli makanan ringan. Jadi jika anda sedang ribut dengan seseorang di rumah, jangan pergi berbelanja.

Buatlah Buku Catatan
Anda benar-benar ingin menghemat uang belanja anda? Buatlah catatan belanja rutin. Mengapa? 8 dari 10 keluarga di Indonesia membeli produk yang sama di tempat yang sama dengan harga yang sama selama bertahun-tahun.
Jadi? Mulailah membuat catatan. Catat apa yang menjadi kebutuhan reguler anda. Catat berapa uang yang anda belanjakan dan dimana anda membelinya. Jika anda telah membeli sebuah barang dengan harga lebih murah, catat nama produk dan toko tempat anda membeli. Tanpa buku catatan, apakah anda bisa mengingat apa saja yang anda beli di supermarket sebulan lalu? Tetapi jika anda memiliki buku catatan, anda akan tahu di supermarket mana anda bisa membeli sebuah produk dengan harga lebih murah.

Pelajari Bagaimana Menggunakan Daftar Belanja
Untuk kebutuhan sehari-hari, jangan membeli sesuatu yang tidak ada dalam daftar belanja anda. Jika anda ingin membeli barang yang tidak terdapat dalam daftar anda, pastikan anda dapat menggabungkan faktor-faktor penghemat seperti voucher gratis, sale dan lain-lain.

Pelajari Kapan Untuk Tidak Menggunakan Daftar Belanja
Kadang anda tidak perlu menggunakan daftar belanja sebagai panduan. Cobalah cara petani berbelanja : belilah yang segar, murah dan pada saat musimnya. Lalu, sesuaikan dengan menu di rumah anda. Dengan ini, anda akan dapat menghemat uang dan keluarga anda mendapat makanan paling segar.

Kalau Mau Beli Komputer Ya ke Mangga Dua
Hindari membeli barang tidak pada tempatnya. Maksudnya, jangan membeli komputer di Giant. Harganya pasti jauh lebih mahal. Jika anda menggunakan prinsip kenyamanan VS harga mahal, berhati-hatilah. Beli kertas di Mall memang nyaman, tapi harganya 3 kali lipat dibanding di toko kertas.

Ketahui Sistem Penjual
Anda akan menghemat banyak jika anda membeli buah yang bentuknya tidak bagus. Anda dapat praktekkan ini ketika anda membeli buah di toko buah. Biasanya ada sebuah keranjang untuk menempatkan buah-buah yang cacat untuk dijual lebih murah. Pilihlah buah yang tidak terlalu rusak. Asal disimpan dengan baik di dalam kulkas, buah itu akan bertahan lebih lama. Tapi lebih baik jika anda mengkonsumsi buah itu langsung setelah anda beli.

Membeli Banyak Tidak Selalu Lebih Murah
Kebanyakan kita berpikir bahwa membeli barang satu kardus lebih murah dibanding membeli satuan. Tidak semua supermarket menerapkan prinsip itu. Hati-hatilah, bukannya menghemat malah anda akan nombok. Bawa kalkulator jika perlu.

Timbang Sebelum Membayar
Sebelum membayar sebungkus kentang di supermarket, cobalah untuk menimbangnya kembali. Tidak semua angka berat di kemasan daging beku sama dengan berat aslinya. Perbedaan 1-2 gram pun akan membebani kantong anda.

Waspada Dengan “Discount Store Syndrome
Jika anda membeli produk dengan label “discount” belum tentu anda membeli dengan harga lebih murah untuk setiap barang.

Sadarilah Bahwa Tidak Setiap Harga Bagus Bernilai Bagus.
Kadang anda ingin membeli sesuatu yang agak sedikit mahal untuk sebuah barang yang anda perlukan. Contohnya, membeli mi instan sebagai sarapan pagi karena lebih murah dibanding memasak sayur untuk sarapan. Menghemat adalah hal yang baik, tetapi jangan mengorbankan kesehatan anda. Jika kesehatan terganggu, bukannya menghemat, malah anda harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk berobat.

Yang Penting, Manfaatnya!
Anda tidak perlu membeli produk bermerek yang tentu saja lebih mahal dibanding produk tidak bermerek. Asal manfaat dan kualitasnya sama, kenapa tidak? Misalnya, membeli roti yang dijual di pinggir jalan lebih murah dan tidak kalah enaknya dengan yang dijual di mall. Jangan takut untuk mencoba. Jika anda menemukan produk yang sesuai dengan standard anda dengan harga lebih murah, anda akan menghemat lebih dari 40% uang belanja anda.

Batasi Belanja Mendadak
Menghindari belanja mendadak adalah salah satu cara terbaik untuk menghemat. Perencanaan yang matang dalam berbelanja akan memotong pengeluaran anda secara drastis.

Perhatikan Layar Kasir
Dengan memperhatikan layar monitor pada saat kasir mensortir belanjaan anda, maka anda mendapat dua keuntungan sekaligus. Pertama; kasir akan bekerja lebih teliti karena dia merasa anda memperhatikannya, kedua; anda bisa menghentikan kasir menghitung belanjaan anda jika anda melihat harga barang yang tidak sesuai dengan bandrolnya. Mungkin supermarket tidak sengaja menaruh harga yang salah, tetapi ketelitian akan membantu penghematan anda.

Batasi Pembelian Makanan Siap Makan
Apakah anda sering makan di McDonalds? Apakah anda sering membeli daging beku siap goreng? Prinsip umum untuk makanan siap makan adalah : semakin instan sebuah makanan, semakin mahal harganya. Sebungkus burger lebih mahal jika anda membeli roti, sayur dan tomat sendiri di pasar, ayam di KFC jauh lebih mahal dibanding ayam yang dijual di pasar basah.

[ dikutip dari berbagai sumber ]

, , , , ,