Hari Ini:

Sabtu 29 Jul 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 18.00 WIB

SMS/Whatsapp:

08157988779

BB Messenger:

7E7424C0

Email:

2ndchoices@gmail.com

Layanan Online:

Testimoni

Pembayaran Melalui

Selam Untuk Pemula

21 June 2011 - Kategori Blog

Usai kegiatan menyelam, selalu ada hal yang bisa dibagikan atau diceritakan, baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Pertama, soal pengalaman menikmati keindahan alam bawah laut itu sendiri. Kondisi tempat penyelaman yang sama pun dari waktu ke waktu bisa berubah. Mulai dari kondisi habitat, termasuk visibilitas, hingga kekayaan keanekaragaman biota laut. Kedua, dengan turun langsung ke bawah permukaan laut, keindahan bisa disimak lebih nyata. Kondisi terkini pun dapat dinilai, apakah berada kualitas baik atau tidak. Apabila kita melakukan hal tersebut diharapkan kesadaran dan semangat melestarikan kekayaan bahari semakin tumbuh dengan baik.

Di sisi lain, menyelam adalah kegiatan rekreasi. Suasana dalam laut yang dihuni oleh berbagai biota unik mendatangkan ketenangan batin. Sementara kesempatan berinteraksi dengan orang lain juga terbuka lebar. Mulai dari pemandu selam (dive master), teman selam (dive buddy), penyelam lokal sampai para penggemar dunia bawah air yang datang dari berbagai tempat di dunia.

Begitulah sekelumit fakta menarik dari aktivitas menyelam atau biasa disebut dengan diving, yang merupakan kependekan dari kata SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) Diving. Tahap awal menjadi seorang penyelam atau diver adalah mencatatkan diri sebagai pemula (beginner). Pada tahap ini dasar-dasar pengetahuan dan praktik menyelam dilakukan untuk mendapatkan sertifikat bertaraf internasional atau berafiliasi pada badan penyelaman dunia. Persiapan mental dan keseriusan merupakan kunci keberhasilan memasuki dunia diving bagi para pemula. Ada pemahaman bahwa manusia dapat bernapas dalam air, tapi mesti didukung sarana yang tepat berjuluk scuba apparatus atau scuba equipments.

ALAT SELAM

  • Diving mask atau scuba mask
  • Scuba fins
  • Wet suit
  • BCD (Buoyancy Control Device)
  • Weightbelt
  • Scuba tank atau diving cylinder dilengkapi SPG (Submersible Pressure Gauge)

Diantaranya adalah scuba mask, yang membuat pemandangan bawah laut dapat ditangkap jelas oleh mata. Kaki katak (fin) membantu kaki lebih efisien melakukan pergerakan. Wetsuit berfungsi sebagai pelindung tubuh dalam menerima perbedaan temperatur atas dan bawah air juga keberadaan biota laut. Aktivitas selam, yang paling penting, ditentukan oleh BCD atau pengontrol apung di dalam air serta permukaan. Pemberat (weightbelt) berfungsi memberikan bobot pada tubuh kita hingga dapat “melayang” dalam air. Alat lainnya, scuba tank sebagai pemasok oksigen selama aktivitas penyelaman dan SPG untuk memantau tekanan udara di dalamnya.

Agar dapat menyelam dan mengantongi sertifikasi, calon pemula dapat mendaftarkan diri ke sekolah-sekolah selam yang telah memiliki lisensi. Instruktur akan memandu siswa. Lama bersekolah bergantung pada kecepatan menangkap materi dan kemampuan beradaptasi saat berada di kedalaman laut. Umumnya, kegiatan belajar menyelam dikelompokkan dalam tahapan teori, praktik di kolam renang dan praktik serta ujian di laut terbuka (open water). Total kegiatan sekitar 3 sampai 4 minggu. Ketakutan berada di tengah laut perlu dikurangi, sementara pelemasan otot harus kita lebih perhatikan lagi agar kram dapat kita hindarkan. Selama berlatih sudah sewajarnya kita memperhatikan dengan seksama uraian yang diberikan instruktur, termasuk larangan seperti berdiri di atas koral atau buang sampah sembarangan.

Leave nothing but bubbles..

DESTINASI WISATA BAWAH AIR DENGAN OPERATOR SELAM

  • Tulamben (Bali), fokus pada bangkai kapal karam
  • Bunaken (Sulawesi Utara), fokus pada taman laut dengan wall dan drop-off
  • Pulau Pramuka (Kep. Seribu), fokus pada rehabilitasi karang
  • Derawan, Sangalaki, Kakaban (Kalimantan), fokus pada pari manta dan ubur-ubur
[ dikutip dari artikel ‘Selam Untuk Pemula’ oleh Nadine Chandrawinata (Putri Indonesia 2005, pemegang lisensi Rescue Diver PADI dan Duta Ekowisata Taman Laut Wakatobi) dalam Majalah National Geographic Traveler ]
sumber :
National Geographic Traveler Magz (2009)

http://greatbarriers.com/

http://aquaviews.net/

http://www.happytellus.com/

http://www.rosewing.com/

https://www.padi.com/

Search Amazon.com for Diving

, ,