Hari Ini:

Kamis 27 Jul 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 18.00 WIB

SMS/Whatsapp:

08157988779

BB Messenger:

7E7424C0

Email:

2ndchoices@gmail.com

Layanan Online:

Testimoni

Pembayaran Melalui

Menu Lezat Musim Dingin (2/3)

04 November 2011 - Kategori Blog
…..lanjutan dari Menu Lezat Musim Dingin (1/3)

RUSIA: Tak Kenal Maka Tak Sayang

Hidangan Rusia mungkin belum begitu akrab di telinga, tetapi sekali mencoba bisa jadi langsung jatuh cinta.

  • Zakuski

    Berasal dan kata zakusit yang berarti memakan dalam porsi kecil dan kusok yang berarti potongan kecil. Ketika digabungkan, namanya menjadi zakuska atau makanan ringan. Sementara zakuski adalah kata jamak yang merujuk kepada variasi jenis makanan yang disajikan. Seperti arti katanya, zakuski terdiri atas berbagai macam makanan dalam porsi yang relatif kecil disajikan di atas piring.
    Jenis makanan pembuka ini biasanya akan memenuhi meja makan sebelum menyantap hidangan utama. Berbagai piring dengan potongan roti, keju, acar mentimun, krim asam, berbagai jenis ikan yang dipotong lembaran, acar jamur, bit, dan banyak jenis makanan lainnya tersebar di atas meja. Semua potongan makanan ini bisa dinikmati sebagai sandwich, salad, atau dinikmati per potongnya. Rasa segar dari salad dan rasa asin dari keju atau ikannya, akan membangkitkan nafsu makan, membuat tidak sabar menikmati hidangan utama.

  • Khachapuri

    Bentuk dan ukuran khachapuri bervariasi di seluruh Rusia. Ada yang berbentuk kotak, ada pula yang lonjong. Khachapuri terbuat dari roti atau tepung beragi dengan isi campuran keju, telur, dan bahan lainnya lalu dipanggang. Bisa juga hanya berisi keju, baik yang belum lama difermentasi atau keju yang sudah ‘berumur’. Rasanya sama-sama gurih, cocok dijadikan camilan yang mengenyangkan. Jikapun belum kenyang bisa makan dua atau tiga potong khachapuri ukuran kecil, atau sepotong ukuran besar.

  • Borshch

    Sup khas dari Eropa Timur ini memiliki warna yang menarik dan membuat penasaran, yaitu merah. Tapi tak perlu khawatir karena merahnya tersebut bukanlah hasil zat pewarna, melainkan berasal dari buah bit yang merupakan bahan utama sup ini. Namun tidak semua borshch berwarna merah. Borshch berwarna oranye yang terbuat dari pasta tomat pun ada.
    Rasa manis sekaligus asam akan langsung menyebar di dalam mulut begitu suapan kuah pertama dimasukkan. Segar! Uniknya, sup ini bisa disajikan dalam dua versi. Bila disajikan dingin saat musim panas bisa membantu menyegarkan tubuh seketika. Sedangkan untuk musim dingin, tubuh pun akan terasa hangat dengan memakan sup panas ini.

  • Pelmeni

    Sup yang terdapat sejenis lumpia basah di dalamnya ini, memiliki isi berbagai jenis daging dalam lumpianya. Mulai dari daging sapi, domba sampai ikan yang dicampur serta dibumbui lada dan bawang bombai. Bentuk lumpia ini mirip khachapuri dan kuahnya bisa berupa kaldu atau hanya air rebusan pelmeni saja.
    Selain disajikan sebagai sup yang berkuah, sup ini juga bisa disajikan dengan saus krim asam, mentega, atau cuka. Namun untuk rasa yang menyegarkan sekaligus menghangatkan di musim dingin, tentu saja sup berkuah kaldu yang disajikan. Nikmat! Udara dingin di luar pun bisa teratasi berkat sup yang berasal dari Siberia ini.

  • Shashyk

    Mungkin kita tidak begitu asing dengan bentuknya yang serupa dengan sate. Seperti halnya sate, shashyk juga merupakan barisan daging yang ditusuk dan dibakar di atas arang. Biasanya di antara tusukan terdapat juga potongan bawang bombai dan paprika. Dagingnya memakai daging domba, namun juga bisa menggunakan daging sapi atau babi tergantung selera. Sate khas Rusia yang sudah populer sejak tahun 1920-an ini sudah jarang ditemui di restoran. Jika ingin mencicipi, harus mencari di pedagang makanan kaki lima.

  • Blini & Caviar

    Blini adalah sejenis crêpes atau kue dadar. Walaupun terdapat sekitar tiga sampai empat lembar setiap penyajiannya, blini yang tipis ini tidak akan membuat perut terasa penuh. Blini memang dapat disajikan dengan berbagai makanan pendamping seperti keju atau sup, namun kenapa tidak mencobanya dengan caviar selagi berada di Rusia?
    Caviar yang terbuat dari telur ikan dan secara komersial dipasarkan sebagai makanan mewah ini, pada umumnya digunakan sebagai pelengkap makanan lain. Ada dua macam caviar yang bisa disantap dengan blini. Caviar hitam terbuat dari telur ikan jenis sturgeon yang banyak terdapat di Laut Kaspia, atau telur ikan beluga yang langka, telur osetra yang seperti krim, dan telur sevruga yang asin. Sedangkan caviar merah terbuat dari telur ikan salmon. Selain disajikan dengan blini, caviar juga disajikan dengan krim asam.

  • Pirozhki

    Camilan ini sangat cocok disajikan saat ingin menyantap sesuatu yang manis setelah makan hidangan yang serba gurih dan asin. Dari luar pirozhki terlihat seperti panada (kue terkenal khas Manado yang dikatakan berasal dari pengaruh kuliner Portugis karena bentuknya yang mirip kue pastel), hanya saja yang ini dipanggang agak matang sehingga bagian luarnya tampak sedikit gosong. Isinya berupa potongan buah segar (apel, ceri, aprikot, lemon, dll), selai buah atau sekedar keju, dan disajikan dengan krim. Walaupun sebenarnya ada juga pirozhki yang berisi sayuran (kentang, jamur, bawang dan telur, kubis), daging atau ikan, dan oatmeal yang dicampur dengan daging atau jeroan.

  • Sharlotka

    Jenis kue spons ini awalnya dibuat khusus oleh seorang koki asal Perancis, Anton Carëme, untuk Tsar Alexander I. Tetapi sekarang kue ini bisa dinikmati oleh semua kalangan. Lapisan dalam kue diisi dengan puding yang terbuat dari susu, gula, dan telur serta buah-buahan yang dihancurkan hingga menyerupai bubur. Kue lembut ini akan langsung meleleh di lidah dan meninggalkan rasa manis yang nikmat.

…..bersambung ke Menu Lezat Musim Dingin (3/3)

, , ,