Hari Ini:

Sabtu 29 Jul 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 18.00 WIB

SMS/Whatsapp:

08157988779

BB Messenger:

7E7424C0

Email:

2ndchoices@gmail.com

Layanan Online:

Testimoni

Pembayaran Melalui

Mengapa Search Engine Membenci Flash?

05 April 2011 - Kategori Blog

Memang benar jika kita katakan bahwa dengan Flash, sebuah website akan terlihat interaktif dan memikat pengunjung karena terkesan lebih hidup. Namun kita harus tahu bahwa masalah yang sesungguhnya mengenai hal ini jika dihubungkan dengan search engine (mesin pencari). Search engine tidak dapat melakukan index terhadap lembaran web yang dibuat dengan Flash, dan tidak dapat membaca informasi yang terkandung dalam Flash.

Apa arti semua itu? Artinya sebagian situs kita atau bahkan seluruh halaman situs yang dibuat oleh Macromedia Flash tidak dapat dikenali oleh situs pencari. Dilihat dari kacamata bisnis, hal ini merupakan kesalahan fatal. Sebab sebagian besar dari prospek pengunjung situs kita berasal dari search engine. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah semacam ini? Kita boleh saja menggunakan Flash namun harus sangat selektif. Jika memang situs kita menomorsatukan hit kunjungan dengan bantuan search engine, sebaiknya jangan menggunakan Flash. Ini langkah untuk antisipasi.

Namun jika kita memang benar-benar ingin untuk tetap memakai Flash, sebaiknya lakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Jangan gunakan Flash untuk seluruh struktur navigasi.
  • Jangan buat isi yang penting dengan menggunakan Flash.
  • Jangan gunakan objek Flash yang membuat halaman web bertambah berat dan besar. Ingat, pengunjung situs kita sebagian besar masih menggunakan koneksi dial-up dan jangan biarkan mereka menunggu terlalu lama. Atau situs kita akan mereka tinggalkan.
  • Buat situs yang sederhana namun informatif. Jangan terlalu rumit dan memusingkan. Karena ini akan menghalangi calon pengunjung melihat situs anda lebih jauh.

Apabila dihitung secara matematis, penggunaan Flash ternyata lebih banyak membawa kerugian daripada keuntungan. Ini kalau dilihat dari sisi bisnis tentunya. Tetapi jika kita melihatnya dari sudut seni, mungkin jawabannya akan lain. Apa kerugian yang bisa terjadi dari sisi bisnis?

  • Kita akan kehilangan pelanggan yang potensial
  • Dikalahkan oleh kompetitor kita
  • Sedikit sekali pengunjung yang datang
  • Tidak dapat dikenali oleh search engine
  • Prospek meninggalkan situs web karena waktu loading sangat lama

Oleh karena itu, gunakan Flash pada situs kita sebagai suatu pilihan terakhir saja. Sehingga situs kita dapat dikenali oleh search engine. Karena tujuan membuat situs web adalah untuk berbisnis bukan? Ataukah kita membuat website hanya untuk iseng saja.

[ dikutip dari berbagai sumber ]

Search Amazon.com for Search Engine

, , , ,