Hari Ini:

Sabtu 29 Jul 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 18.00 WIB

SMS/Whatsapp:

08157988779

BB Messenger:

7E7424C0

Email:

2ndchoices@gmail.com

Layanan Online:

Testimoni

Pembayaran Melalui

Mendaftarkan Website ke Search Engine & Directory

24 February 2011 - Kategori Blog

Mendaftarkan Website ke Search Engine

Apa yang kita lakukan saat ingin mencari sebuah informasi di internet? Jawaban terbanyak adalah akan mencarinya di search engine, semacam Google atau directory semacam Yahoo. Dengan hanya mengetik kata kunci yang dicari, dalam hitungan detik segera muncul di layar komputer. Itulah salah satu kehebatan search engine (mesin pencari). Sebagian besar orang ke internet adalah dalam rangka mencari informasi, dan sebagian besar mereka menggunakan fasilitas search engine. Jika website kita terdaftar di search engine, kemungkinan untuk diakses orang menjadi lebih besar.

Apa Itu Search Engine?

Search engine merupakan sebuah sistem database yang dirancang untuk meng-index alamat-alamat internet (URL, FTP, usenet, dll). Dalam melaksanakan tugasnya ini, search engine memiliki program khusus yang biasanya disebut spider, bot, atau crawler. Pada saat kita mendaftarkan sebuah alamat web (URL), spider dari search engine akan menerima dan menganalisa URL tersebut. Dengan proses dan prosedur yang serba otomatis, spider ini akan memutuskan apakah web yang kita daftarkan layak diterima atau tidak. Jika layak, spider akan menambahkan alamat URL tersebut ke sistem database mereka. Rangking-pun segera ditetapkan dengan algoritma dan caranya masing-masing. Jika tidak layak, terpaksa kita harus bersabar dan mengulangi pendaftaran dengan periode tertentu. Jadi semua yang namanya search engine, pasti memiliki program yang disebut Spider. Dan program inilah yang sebenarnya menentukan apakah website kita bisa diterima atau tidak. Contoh beberapa search engine terkenal adalah : Altavista, Google, All The Web, dan masih bayak lagi. Saat ini ada lebih dari 1000 search engine yang bertebaran di internet. Tapi dari sekian banyak tersebut hanya beberapa saja yang memiliki database besar dan lengkap.

Manfaat Mendaftar di Search Engine

Beberapa manfaat yang kita peroleh jika kita mendaftarkan website di search engine antara lain :

  1. Website kita akan banyak dikunjungi orang.
  2. Kita telah melakukan promosi jangka panjang. Bahkan bisa dikatakan promosi abadi. Selama website kita masih ada dan search engine masih jalan, maka promosi tetap ada.

Cara Mendaftar di Search Engine

Cara mendaftar di search engine cukup mudah. Kita tinggal masuk ke websitenya, dan ikuti petunjuk yang ada. Setiap search engine mempunyai aturan tersendiri dalam menerima website. Disarankan agar membaca dengan seksama aturan yang mereka berikan. Jangan pernah berani melanggar, karena hanya akan membuang-buang waktu kita. Untuk mendaftar di Google, silahkan klik ke link http://www.google.com/addurl/. Selanjutnya kita tinggal mengisi form yang tersedia.

Saat ini banyak situs yang menawarkan jasa pendaftaran ke search engine secara otomatis. Sekali mengisi form, website kita bisa didaftarkan ke 30 search engine sekaligus (bahkan lebih). Cara ini memang sangat menghemat waktu, tapi tidak bisa terjamin keberhasilannya. Sekarang ini banyak search engine yang menolak pendaftaran secara otomatis melalui program submitter. Contohnya adalah Altavista. Kita diwajibkan untuk memasukkan kode pendaftaran dengan benar sebelum bisa mendaftar halaman web ke database Altavista. Kode tersebut dihasilkan secara otomatis dalam bentuk image acak, sehingga benar-benar perlu ketelitian untuk membacanya. Meskipun banyak menghabiskan waktu, tetapi pendaftaran secara manual masih jauh lebih aman. Atau sebagai alternatif, carilah program submitter yang bisa menampilkan submission result secara langsung, tidak hanya mengeluarkan output berhasil atau gagal, namun tanpa bukti.

Mendaftarkan Website ke Directory

Mungkin telinga kita pasti sudah akrab dan sering mendengar kata Yahoo. Orang biasa menggunakan Yahoo untuk mencari informasi seperi halnya google. Dilihat dari sistim kerjanya, antara Yahoo dan Google sangat berbeda. Yahoo adalah salah satu contoh directory.

Berbeda dengan serch engine yang meng-index halaman web dengan sebuah program otomatis, directory meng-index halaman web secara manual. Manual yang dimaksud adalah mereka menggunakan orang biasa untuk menganalisa setiap halaman web yang masuk (daftar). Tidak menggunakan spider atau crawler seperti halnya search engine. Keunggulan directory dibanding search engine adalah memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan kualitas yang relatif lebih baik. Tapi karena semua proses dilakukan secara manual menggunakan editor manusia, jumlah database yang dimiliki biasanya jauh lebih kecil dibandingkan dengan search engine. Itulah sebabnya sekarang ini banyak perusahaan yang mengelola directory menerapkan sistem ganda, yaitu menggunakan directory + search engine. Contoh nyata adalah Yahoo yang menggandeng Google sebagai search engine default-nya. Contoh beberapa directory terkenal selain Yahoo adalah Open Directory Project, Looksmart, dan NBCi.

Cara Mendaftarkan Website ke Directory

Untuk mendaftarkan website ke directory, silahkan masuk ke website directory yang diinginkan. Biasanya di halaman website tersedia link untuk pendaftaran website (biasanya tertulis Add Url, Submite Site, Daftarkan Situs, Tambah Situs dan semacanya).

Daftar Search Engine dan Directory Indonesia

http://www.searchindonesia.com/
http://www.incari.com/
http://www.endonesia.com/
http://www.promosi-web.com/
http://indonesia.start4all.com/
http://www.indo-web.com/
http://situs.web.id/
http://www.yellowpages.web.id/
http://direktori.keluarga.org/
http://www.indotop10.com/
http://nusadata.master.com/

[ dikutip dari berbagai sumber ]

Search Amazon.com for Search Engine & Directory

, , , , ,