Hari Ini:

Kamis 27 Jul 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 18.00 WIB

SMS/Whatsapp:

08157988779

BB Messenger:

7E7424C0

Email:

2ndchoices@gmail.com

Layanan Online:

Testimoni

Pembayaran Melalui

Kapan Saat Yang Tepat Melakukan SEO?

08 March 2011 - Kategori Blog

Mungkin kita pernah bertanya dalam hati, kapan waktu yang tepat untuk melakukan optimasi di search engine? Apakah sebelum website kita dibuat, atau sesudahnya? Jawabannya bisa kedua-duanya. Namun realitasnya kembali pada kesiapan dari pengelola atau pemilik web yang bersangkutan. Memang sebaiknya langkah-langkah SEO (Search Engine Optimization) dipersiapkan sebelum sebuah website dibangun. Mulai dari pemilihan nama domain hingga keyword yang ditargetkan sebaiknya dirancang dari awal untuk memeudahkan pengembangan konten atau isi website. Namun banyak yang baru mengetahui teknik SEO setelah website mereka selesai dibangun dan sempat beroperasi sekian lama. Pada kasus seperti ini, SEO tetap bisa diterapkan dengan melakukan perubahan atau optimalisasi. Kendalanya adalah seberapa besar perubahan itu bisa dilakukan?

OPTIMASI PADA NAMA DOMAIN

Contoh yang bisa diambil adalah pemilihan nama domain. Salah satu teknik SEO yang sampai saat ini masih berlaku adalah pemakaian nama domain yang terkait dengan keyword, akan berdampak positif terhadap keyword yang kita targetkan di search engine. Contohnya jika website menjual produk ‘buku elektronik’, maka pemakaiaan kata ebook pada domain akan sangat membantu.

Jika hal ini sudah direncanakan sejak awal, maka kita dengan tenang bisa memilih sebuah nama domain yang tepat, misalnya ebook-store.com atau ebook-bisnis.com. Namun apabila website kita telah beroperasi dengan domain toko-online.com, tentu saja tidak dapat dirubah begitu saja seperti me-rename nama file. Faktor nama domain memang bukan yang terpenting. Namun setidaknya kita telah unggul satu poin apabila merencanakannya sejak awal.

OPTIMASI PADA KEYWORD

Selanjutnya adalah pemilihan kata kunci atau keyword. Sebelum memulai membuat teks untuk halaman-halaman web, kita harus mengetahui keyword-keyword apa yang paling cocok untuk ditempatkan pada search engine. Kata kunci apa yang paling banyak dicari orang berkaitan dengan isi website kita. Keyword yang kita gunakan sebaiknya bukan hasil main tebak-menebak kata. Kita harus menggunakan cara profesional untuk memilih kata kunci tersebut. Tidak ada gunanya mendapat posisi puncak untuk keyword yang tidak pernah dicari orang.

Contoh mudahnya begini, kita akan menjual kaset rekaman pidato Bung Karno secara online. Lalu anda memasukan kata kunci SUKARNO. Disamping itu kita juga melakukan pengkayaan content dengan kata SUKARNO. Namun ternyata keyword yang banyak dicari orang adalah SOEKARNO. Maka akan sia-sia keyword kita tersebut. Contoh seperti inilah yang harus kita pahami.

Salah satu cara untuk mengantisipasi terjadinya hal seperti tersebut di atas, adalah dengan memanfaatkan WordTracker.com dan Overture.com. Disana kita dapat mencari keyword-keyword apa saja yang banyak dicari orang berkaitan dengan bisnis yang kita jalankan. Pada Overture kita akan langsung bisa mengetahui kata apa yang banyak dicari orang pada bulan lalu.

Keyword-keyword tersebut nantinya akan diurut berdasarkan score yang disebut Keyword Effectiveness Index (KEI). Keyword dengan nilai KEI 100, sudah cukup baik untuk dipakai. Semakin besar nilai KEI dari sebuah keyword, semakin populer juga keyword tersebut. Namun KEI biasanya berbanding lurus dengan jumlah pesaing. Kita harus memilih keyword dengan nilai KEI paling besar, namun dengan jumlah pesaing yang paling kecil. Pilihlah 3 atau 4 keyword yang kita anggap paling tepat, dan mulailah membuat content teks berdasarkan keyword-keyword tersebut.

OPTIMASI PADA DISAIN

Perencanaan dari awal juga akan memudahkan kita menerapkan teknik SEO pada desain web. Desain yang terlalu banyak dijejali grafis, seperti image dan flash, tidak akan berdampak positif untuk meningkatkan rangking di search engine. Memaksimalkan fungsi tag-tag HTML sangat perlu dilakukan untuk membangun halaman web yang search engine minded.

OPTIMASI PADA HALAMAN WEB

Saat ini banyak pendapat yang berkembang mengenai cara search engine menentukan rangking sebuah web. Kadang-kadang karena terlalu banyak opini membuat kita bingung sendiri menentukan langkah terbaik untuk website kesayangan kita. Berikut ini beberapa rangkuman pendapat-pendapat tersebut. Ada beberapa poin penting yang bisa kita dapatkan mengenai apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Tentunya poin-poin berikut ini harus dibandingkan dengan kondisi website kita saat ini.

Keyword

  • Lakukan sedikit riset mengenai keyword yang akan ditargetkan. Pilih beberapa keyword yang populer dengan jumlah pesaing paling sedikit. Anda bisa memanfaatkan WordTracker.com dan Overture.com untuk tujuan ini.
  • Tempatkan keyword pada tag title dan content utama pada halaman web.
  • Gunakan keyword atau prase yang ditargetkan sekitar 5-10% dari content web.
  • Optimalkan teks link : <a href=”xxx.html”>keyword anda</a>.
  • Usahakan jangan memasang target lebih dari 4 keyword atau prase untuk satu halaman.

Content

  • Usahakan membuat content berdasarkan keyword-keyword yang sudah diriset sebelumnya.
  • Buatlah content yang berkualitas dengan kalimat-kalimat yang enak dibaca pengunjung.
  • Usahakan menambah content baru secara teratur.

HTML Code

  • Buatlah kode HTML yang valid dan efisien. Gunakan sebuah CSS daripada membuat banyak tag <font> misalnya. Usahakan website kita bisa tampil secepat mungkin.
  • Untuk web dengan jumlah halaman yang banyak, buatkan sitemap sederhana yang search engine friendly.

Hindari Sebisa Mungkin :

  • Jangan memasang target untuk satu keyword saja.
  • Jangan menggunakan hidden teks (teks dengan warna yang sama dengan latar belakang).
  • Jangan mengguanakan splash page yang berat.
  • Jangan menggunakan redirect untuk halaman index.
  • Jangan menggunakan mirror site (URL berbeda dengan content sama).
  • Jangan pernah meng-copy meta tags atau content dari website lain.
[ dikutip dari berbagai sumber ]

Search Amazon.com for SEO

, , ,