Hari Ini:

Kamis 27 Jul 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 18.00 WIB

SMS/Whatsapp:

08157988779

BB Messenger:

7E7424C0

Email:

2ndchoices@gmail.com

Layanan Online:

Testimoni

Pembayaran Melalui

E-TRAVEL: Menjual Pariwisata Secara Online

27 June 2011 - Kategori Blog

Beberapa tahun lalu, untuk memperkenalkan potensi-potensi pariwisata yang ada secara luas mungkin agak sulit, karena belum tersedianya media informasi yang mendukung, serta kondisi geografis yang cukup kompeks. Tapi kini dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi, orang yang ada di ujung dunia pun bisa dengan mudah mengetahui potensi yang dimiliki setiap negara dengan mengakses internet dan transaksi bisnis pun bisa langsung terjadi secara online.

Menyikapi tren dunia saat ini, yang berujung pada perkembangan teknologi, selayaknya menjadi pemicu bagi para pelaku industri pariwisata agar jeli menangkap berbagai peluang bisnis yang ada dengan menciptakan berbagai media informasi yang bersifat online seperti website, blog, e-travel ataupun media lain yang terhubung dengan portal komunitas Internet lainnya. Orang yang akan berlibur mengunjungi sebuah tempat wisata tak perlu repot-repot lagi untuk mencari informasi, mengurus reservasi, akomodasi dan transportasinya. Cukup dengan duduk di depan komputer yang terhubung dengan modem dan membuka situs pelayanan pariwisata, segala kebutuhan untuk perjalanan dari A sampal Z telah tersedia.

Sektor pariwisata dan traveling memang memiliki penetrasi yang tinggi terhadap eksistensi Internet. Karena selain lebih mudah, wisatawan juga dapat lebih banyak memiliki pilihan kemana dia akan bepergian. Data dari Forester Research, dalam sebuah situs menyebutkan tak kurang dari 25 juta orang mencari informasi wisata melalui Internet setiap harinya. Itu artinya, kegiatan pemasaran online memang dinilai sangat efektif bagi kalangan industri pariwisata. Dan mesin pencari seperti google ditengarai sebagal sumber untuk mendapatkan informasi dan promosi yang disajikan pada situs-situs pariwisata.

Itu sebabnya, pemasaran online menjadi kata penting dalam memasarkan pariwisata Indonesia dan juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Sebagal ilustrasi, seorang wisatawan mancanegara yang ingin berlibur ke Bali. Jika belum ada biro perjalanan (travel agent) dari Indonesia yang melayani, maka kemungkinan besar wisatawan tersebut akan menggunakan paket tour yang ditawarkan di negara asalnya. Dan jika itu terjadi maka biro perjalanan negara tersebut yang akan memperoleh banyak keuntungan, baik dari reservasi hotel maupun tiket pesawat. Tapi jika perjalanan wisata tersebut menggunakan biro perjalanan dari Indonesia, maka jelas industri pariwisata Indonesia yang akan mendapatkan keuntungan. Misalnya kalau perjalanan mengunakan pesawat Garuda, maka Garuda mendapatkan bagian. Hotel yang dipilih juga akan mendapatkan bagian, dan travel agent di Bali yang mengatur perjalanan sang calon wisatawan juga akan mendapat bagian. Itu sebabnya, pemasaran pariwisata yang bersifat one stop service memang sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan industri pariwisata kita.

Di Indonesia, teknologi internet juga mulai dimanfaatkan. Kini hampir semua biro perjalanan melengkapi pelayanannya secara online melalul website-nya, lengkap dengan berbagal layanan untuk penjalanan wisata. Pelanggan tinggal booking secara online segala kepentingan dari tiket pesawat, hotel dan jenis wisata yang diinginkan. Artinya calon pelanggan tidak perlu capek-capek lagi mencari informasi kesana-kemari; cukup dengan menghubungi travel agent terebut dan semua masalah perjalanan langsung teratasi. Dengan adanya website ini membuat konsumen lebih efisien dan efektif memilih tempat-tempat yang akan dikunjungi. Dan adanya fasilitas e-travel memang dapat memberikan informasi yang akurat tentang produk-produk yang ditawarkan kepada wisatawan. Fasilitas Internet juga memungkinkan calon pelanggan melihat atau mengetahul perjalanan yang akan dilakukan. Ini menunjukan bahwa internet telah menjadi komponen penting dalam dunia pariwisata.

Selain menawarkan penjalanan wisata, teknologi Internet juga bisa difungsikan sebagal portal guna memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh wisatawan dan investor yang ingin menanamkan modalnya di industri pariwisata. Seperti yang difasilitasi oleh hampir seluruh pemerintah daerah dari tingkat kota hingga kabupaten, semua telah memiliki portal informasi yang memuat kondisi geografis hingga keunggulan tiap daerah. Berbagal informasi seperti potensi sumber daya alam, seni dan budaya, infrastruktur, bahkan kawasan pariwisata disajikan secara informatif dan dapat diakses langsung oleh semua orang. Tak hanya itu, untuk Dinas Pariwisata-nya sendiri juga tak mau ketinggalan. Mereka juga mempromosikan daerah-daerah wisata unggulannya melalui situs yang dimiliki. Sayangnya web-web pemerintah ini masih bersifat statis, belum ada yang menggarap hingga sampai pada tahap penawaran untuk paket-paket wisata, bekerjasama dengan biro perjalanan lokal.

Selain itu, kini juga mulai bermunculan blog dan media-media online nasional yang juga gencar menginformasikan potensi-potensi pariwisata yang ada. Hal ini mungkin disebabkan karena begitu banyaknya keanekaragaman budaya dan keindahan yang dimiliki bangsa ini. Semoga dengan semakin banyaknya jendela informasi yang membahas industri pariwisata kita, ditambah tren dunia teknologi dan informasi yang terus meningkat, akan memberi efek domino bagi perekonomian nasional. Karena dengan memasyarakatnya teknologi internet, memungkinkan adanya langkah-langkah efektif dalam membawa transaksi di dunia pariwisata Indonesia. Lebih jauh, dengan maraknya teknologi, dunia industri pariwisata Indonesia diharapkan akan membuka pintu usahanya ke masyarakat Internet dan tentunya ini semua senada dengan upaya pemerintah yang saat ini tengah gencar mencanangkan sektor pariwisata sebagai penyumbang devisa tertinggi pada negara.

[ dikutip dari artikel ‘Menjual Pariwisata Secara Online’ dalam Majalah TravelWan ]

, , , , ,