Hari Ini:

Kamis 27 Jul 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 18.00 WIB

SMS/Whatsapp:

08157988779

BB Messenger:

7E7424C0

Email:

2ndchoices@gmail.com

Layanan Online:

Testimoni

Pembayaran Melalui

Bagaimana Mendatangkan Pengunjung Ke Situs Kita?

22 February 2011 - Kategori Blog

Kita boleh saja mempunyai blog yang terbaik di dunia, content-nya juga yang paling tokcer, tetapi ini semua percuma jika tidak ada orang yang tahu keberadaan blog kita. Oleh karena itu kita perlu pengunjung untuk datang ke blog, yang hal ini disebut dengan traffic. Ada beberapa cara untuk mendatangkan traffic ke blog kita:

A. SEO (Search Engine Optimization)

Topik ini rasanya seperti tidak ada habisnya jika dibahas. Di setiap Internet Marketing forum, topik ini selalu diminati banyak sekali Internet Marketer. SEO adalah sebuah teknik untuk meningkatkan posisi website kita di search engine seperti Google dan Yahoo. Contoh : Golf disini yang menjadi niche kita. Anton ingin meningkatkan skill golfnya dan ia pun mencari buku yang bisa membantunya. Ia ke Google dan mengetik “golf book”. Nah dengan teknik SEO, harapannya adalah website/blog kita tampil di halaman pertama Google. Kalau sudah sampai halaman ke 3, 4, atau lebih dari itu, biasanya orang sudah malas mencari lebih lanjut. Jika blog kita bisa tampil di halaman pertama Google, kemungkinan besar Anton akan mengklik blog kita dan kita mendapat satu pengunjung.

Banyak ‘Guru’ dan Internet Marketer di berbagai forum akan mengatakan kepada kita bahwa SEO adalah teknik yang rumit. Kita harus mengatur ini dan itu. Saya bukannya bilang SEO adalah hal yang gampang. Namun saya percaya SEO sebenarnya tidak serumit yang mereka katakan. Saya sendiri pun masih belajar tentang teknik ini. Pengalaman saya, faktor yang terpenting dalam melakukan SEO hanyalah 4 hal :

  1. Jumlah incoming link ke website kita – artinya seberapa website yang link ke kita, semakin banyak tentunya semakin bagus.
  2. Anchor text link tersebut – ketika website lain link ke website kita, kata-kata apa yang ada di link tersebut? Contoh: “Click here” (http://websitekita.com) tidak akan berarti banyak, tetapi “Golf Book” (http://websitekita.com) akan sangat membantu SEO kita ketika seorang mengetik kata “golf book” di search engine.
  3. Title tag website – setiap website mempunyai title tag untuk mendeskripsikan secara singkat website tersebut tentang apa. Contoh : Kita ke Detikcom, apa title tagnya? Title tagnya adalah: “detikcom: situs warta era digital”. Tulislah title tag kita sesuai dengan keyword yang akan ditarget, misalnya “Golf Book”. Keyword adalah kata-kata yang Anton ketik di search engine.
  4. Body content – body content adalah isi website kita. Pastikan di website, keyword yang akan ditarget muncul beberapa kali. Kita tidak perlu mengulang puluhan kali keyword tersebut, cukup memasukkan beberapa kali saja.

Yang terpenting dari 4 point diatas adalah point 1 & 2. Jadi, apabila kita hanya akan melakukan 2 hal tersebut, carilah website sebanyak-banyaknya yang mau link ke website kita DAN pastikan mereka menggunakan keyword yang kita target di link tersebut.

B. Article Marketing

Menulis artikel (biasanya 350 – 600 words) tentang niche kita dan disebarkan ke artikel direktori. Contoh : Kita tulis artikel tentang bagaimana memilih sepatu golf yang tepat. Di akhir artikel, kita diperbolehkan menulis siapa diri kita dan mencantumkan website kita. Apabila orang yang membaca artikel kita suka dengan tulisan kita, maka kemungkinan besar ia akan klik website kita. Selain itu, dengan mencantumkan website kita di akhir artikel, berarti artikel direktori tersebut link ke kita. Ini akan memperkuat SEO kita, seperti yang disebut di point A di atas.

Di Internet, banyak sekali situs artikel direktori. Kebanyakan adalah ‘sampah’ atau situs artikel direktori yang tidak begitu berguna. Saya menyarankan kita fokus kepada artikel direktori yang dibawah ini:

C. Web 2.0 Marketing

Ini adalah web terkini. Web 1.0 (website beberapa tahun lalu) hanya bisa menyampaikan pesan kepada pengunjungnya satu arah : pemilik website -> pengunjung. Pengunjung tidak bisa berpartisipasi memberi komentar atau usulan kepada pemilik website. Sekarang, dengan adanya situs social networking, dan dengan adanya situs social bookmarking, dan dengan adanya blog yang bisa menerima komentar dari pengunjung kita, telah membuat komunitas di Internet semakin seru dan semakin membuat pengunjung mau balik ke website kita berulang kali.

Situs Social Networking : situs social bisa membantu kita mendatangi pengunjung ke website/blog kita. Untuk kita orang Indonesia, pasti sangat familiar dengan Facebook. Tujuan orang ke Facebook adalah untuk bergaul dengan teman-teman lain dan juga untuk mencari teman baru. Kita bisa menggunakan kesempatan ini untuk memposisikan diri sebagai orang yang ahli di bidang golf, dan kita bisa mencari teman di Facebook yang suka bermain golf juga. Lalu kita bisa memberikan tips kepada mereka tentang bagaimana meningkatkan golf skill. Jangan langsung promosi dan jualan kepada mereka, berikan dulu secara gratis dan bina hubungan terlebih dahulu sehingga mereka percaya kita adalah orang yang ahli di bidangnya.

Berikut adalah beberapa situs social networking yang populer:

Situs Social Bookmarking : ketika kita mengunjungi sebuah website dan kita menyukainya, kita akan bookmark website tersebut bukan? Dengan social bookmarking artinya kita juga bookmark website, hanya saja dalam hal ini ketika kita bookmark sebuah website, kita men-sharing kepada orang lain bahwa kita telah bookmark website tersebut. Dengan kata lain, kita memberi tahu kepada orang-orang bahwa website tersebut adalah website yang bagus.

Orang lain juga bisa bookmark website tersebut. Semakin banyak orang yang bookmark sebuah website, maka semakin popular website tersebut, dan ini artinya semakin banyak pula pengunjung yang akan datang. Tips : Kita bisa membuat account di berbagai situs social bookmarking dan masing-masing mem-bookmark website kita.

Berikut adalah beberapa situs social bookmarking yang populer :

D. Forum Marketing

Forum adalah tempat yang sangat tepat untuk memposisikan kita sebagai seorang ahli di bidang yang kita bidik. Orang suka mendengar dan mengikuti kata-kata sang ahli. Jika kita mempunyai blog golf, maka carilah beberapa forum golf yang mempunyai member banyak, dan mulailah berposting disitu. Bergaulah dengan para membernya, bantulah mereka ketika mereka menanyakan sesuatu. Jangan jualan terlebih dahulu, tapi bantulah mereka secara gratis tanpa minta imbalan apapun. Buatlah mereka percaya sama kita terlebih dahulu sebelum kita mulai menjual. Kita bisa mencari forum-forum yang berhubungan dengan niche kita dengan mengetik kata-kata “niche kita + forum” di Google atau Yahoo (saya menyarankan Google). Contoh : golf forum.

E. PPC (Pay Per Click)

PPC artinya kita membayar setiap kali orang klik website kita. Terbalik dengan Google Adsense dimana kita dibayar setiap kali orang klik iklan di website kita. Secara umum, semakin atas posisi iklan kita, semakin mahal biaya yang harus kita bayar ketika seorang klik iklan kita. Ada faktor lain yang menentukan juga, namun secara umum biaya yang menentukan. Untuk info lebih lanjut bagaimana kita bisa memasang iklan di Google, silakan ke Google Adwords dan pelajari caranya. Tentunya kalau kita belum ada budget untuk mengeluarkan biaya PPC, maka lakukanlah marketing tactic poin A, B, C, dan D di atas.

[ dikutip dari artikel-artikel Welly Mulia ]

Search Amazon.com for SEO

, , ,