Hari Ini:

Minggu 23 Jul 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 18.00 WIB

SMS/Whatsapp:

08157988779

BB Messenger:

7E7424C0

Email:

2ndchoices@gmail.com

Layanan Online:

Testimoni

Pembayaran Melalui

Apakah Sekarang Saatnya Untuk Melakukan Detoks Digital?

08 January 2016 - Kategori Blog

Apakah Anda sedemikian terhubung secara online, sehingga mengabaikan kehidupan nyata?




Terhubung Terus-Menerus

Tren jejaring seluler terus meningkat dan banyak orang mengaku bahwa tanpa telepon pintar (smartphone) mereka merasa terisolir dan khawatir bahwa ada orang yang sedang mencari mereka atau khawatir ketinggalan berita.

Sebenarnya tidak aneh, karena yang kita inginkan adalah untuk terus terhubung. Tujuannya bukan lagi untuk terus berhubungan tetapi untuk menghilangkan kemungkinan tidak berhubungan. Mengapa harus berbicara dengan satu teman (yang kebetulan sedang ada di hadapan Anda) jika Anda bisa mengobrol dengan lima orang sekaligus (yang tidak ada di hadapan Anda)? Akibat dari filosofi itu adalah kita menjawab email kerja di tempat tidur, mengobrol lewat BlacBerry Messenger atau What’s App tetapi mengabaikan teman-teman di pesta, dan tidak memiliki waktu untuk mengembangkan hubungan dan hidup Anda.

Kita memang lebih terhubung, tetapi tidak terhubung dengan lebih baik. Kita kehilangan kualitas kesadaran, perasaan, atau pemahaman yang hadir ketika benar-benar terlibat dalam beberapa aspek pengalaman hidup kita. Kita kehilangan ketenangan setelah menerima panggilan telepon, saat ketika Anda memikirkan apa yang baru dibahas di telepon. Kita kehilangan kesempatan untuk berhubungan dekat dengan teman, secara tatap muka, dan bukannya terus-menerus memutus percakapan untuk memeriksa layar ponsel/komputer.

Dunia digital menjanjikan pengetahuan tanpa batas, tetapi yang ada adalah informasi tanpa batas. Kita berpikir bahwa dengan membuka beberapa tab di browser berarti pikiran kita produktif, tetapi kenyataannya adalah mencoba untuk melakukan berbagai hal pada saat bersamaan seringkali malah membuat kita kurang efisien dalam menyelesaikan tugas kita. Mental block atau hambatan mental singkat yang dialami saat beralih dari satu tugas ke tugas yang lain menyita 40 persen dari waktu produktif seseorang.

Matikan Gadget Anda

Detoks digital sedang menjadi tren. Beberapa hotel di AS menawarkan paket detoks digital, dimana telepon Anda disita di pintu masuk hotel dan sebagai gantinya Anda diberikan papan permainan. Pengguna Apple dapat mengunduh aplikasi bernama ‘Freedom’ yang memblokir akses internet Anda. Di dunia yang serba instan dan digital, kita harus mengingatkan diri sendiri, dan juga mengajari anak-anak kita, untuk menjadi nyata.

Aturan Detoks Digital
  1. Log out. Matikan koneksi internet Anda! Jika orang lain tidak bersusah-susah menelepon Anda, berarti memang tidak ada hal yang penting.

  2. Gunakan telepon saja. Matikan telepon pintar dengan banyak gangguannya itu.

  3. Tak ada lagi pesan instan. Seberapa sering Anda melihat meja yang dikelilingi orang-orang yang semuanya memandang layar gadget mereka, mengobrol dengan orang-orang yang berada jauh dari mereka, tetapi mengabaikan teman-teman yang ada di dekat mereka?

  4. Atur batas waktu. Dan taati aturan tersebut. Baik itu satu jam, satu makam malam, satu akhir pekan, atau satu hari libur.

  5. TV tidak masalah. Ini detoks dari keterhubungan, bukan hiburan.


sumber :
www.jowel-cloth.com

, , ,