Hari Ini:

Sabtu 22 Jul 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 18.00 WIB

SMS/Whatsapp:

08157988779

BB Messenger:

7E7424C0

Email:

2ndchoices@gmail.com

Layanan Online:

Testimoni

Pembayaran Melalui

8 Hal Yang Harus Dipahami Dalam Internet Marketing

17 April 2012 - Kategori Blog

Jika telah memutuskan untuk terjun di bisnis online, maka harus serius dalam mengelolanya. Maksudnya, harus respek terhadap bisnisnya sendiri. Harus sediakan dana dan luangkan waktu untuk mengembangkannya. Berikut ini beberapa strategi yang harus dilakukan agar bisnis bisa berkembang dengan cepat dan memuaskan baik melalui konten web maupun penanganan promosi.

1. Hindari Grafis, Java, Musik, Flash atau Sejenisnya

Jika telah memiliki website bisnis, silahkan diamati lagi. Apakah situs kita sangat ramai dengan grafik, java, musik, flash dan sejenisnya? Jika jawaban anda adalah YA! Sangat diharapkan untuk bisa melakukan rebuild terhadap website tersebut. Ini adalah kekeliruan yang harus dihindari sebisa mungkin. Apa tujuan membuat sebuah situs? Untuk bisnis atau sekadar iseng. Jika bisnis yang jadi tujuannya, maka segera lakukan perbaikan. Kita semua tahu fungsi sesungguhnya sebuah website, yaitu untuk menjual produk atau jasa bukan? Atau mungkin cuma ingin menghibur pengunjung dengan tampilan yang dinamis namun payah?

Dilihat dari kaca mata bisnis, tambahan grafik, java, musik atau yang lainnya sangat merugikan. Mengapa? Sebab untuk meng-cover semua itu dibutuhkan space yang tidak sedikit. Semakin besar space maka semakin berat beban loading. Artinya orang harus menunggu lebih lama hanya untuk melihat sebuah halaman web. Hal semacam ini bisa membuat pengunjung frustasi dan memutuskan mencari situs lain. Sia-sia bukan usaha kita untuk mendatangkan trafik? Apalagi jika website kita link minded. Sungguh sangat merepotkan dan membosankan. Usahakan waktu yang dibutuhkan untuk loading web page tidak lebih dari 15 detik. Ini waktu yang paling ideal.

2. Manfaatkan Jasa Hosting Bertarif

Jika serius berbisnis di internet sangat disarankan jangan menggunakan free hosting alias yang gratisan. Sudah seharusnya mengorbankan sedikit dana untuk membeli nama domain dan hosting sendiri. Sekarang dengan cost sekitar 300 ribu rupiah, sudah bisa memiliki nama domain sendiri dan space untuk halaman-halaman web. Penyedia free hosting sebenarnya tidak benar-benar gratis memberikan layanannya, karena halaman web kita nantinya akan dipenuhi oleh iklan dan banner mereka. Sehingga pada hakikatnya website kita adalah kepanjangan tangan dalam menyampaikan promosi dan iklan mereka. Kita pun akan rugi sendiri. Belum lagi akses loading yang sangat lambat. Orang-orang sebagai calon customer pun akan ragu. Cukup seriuskah kita dalam mengelola bisnis? Hak itu akan menghancurkan bisnis kita sendiri. Jangan pertaruhkan kredibilitas hanya untuk menghemat beberapa lembaran rupiah. Website kita adalah bisnis dan masa depan.

3. Meminta Masukan Pengunjung

Minta kritik dan saran dari para pengunjung. Ini adalah cara yang paling efektif untuk melihat apakah tampilan dan isi website bisnisnyasudah cukup memadai. Jangan pernah menganggap semua berjalan dengan baik sebelum bisa meyakinkannya. Harus sitanyakan apakah website kita tidak bermasalah dengan browser pengunjung. Barangkali situs yang dibuat terlalu banyak frame sehingga merusak tampilan seluruh content. Kita harus cek sekali lagi. Disini harus sadari benar bahwa pengunjung adalah prospek. Merekalah yang akan dijadikan pelanggan setia. Mereka ini yang nantinya akan membeli produk dan jasa kita. Oleh karena harus ditahui apakah ada masalah dengan website bisnisnya.

Masukan atau input saran dari orang lain bisa menjadi kunci untuk melakukan beberapa perbaikan yang lebih terfokus. Berikan link untuk mengirim saran pada halaman utama. Hal ini untuk mempermudah pengunjung memasukan komentar dan keinginan mereka. Lalu segera ucapkan terima kasih atas kesediaan mereka.

4. Gunakan Waktu Dengan Efektif

Sebagai seorang pebisnis online, aset yang paling berharga adalah waktu. Ya! Harus disadari bahwa waktu lebih berharga daripada uang. Karena itu gunakan waktu sebaik mungkin. Waktu kita sangat terbatas. Kita harus belajar untuk memberi nilai prioritas terhadap beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Misalnya, pertimbangkan jumlah waktu yang akan dialokasikan untuk melakukan promosi dan pemasaran. Apakah kita tahu strategi mana yang paling efektif? Kalau tidak tahu strategi pemasaran internet yang lebih efektif itu berarti membuang-buang waktu. Evaluasi semua aktivitas pemasaran dan gunakan waktu dengan tepat dan efisien. Salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan adalah dengan mengotomatisasikan hal-hal yang bersipat rutinitas.

Sebagai contoh pengiriman email follow up terhadap calon pelanggan. Karena jika tidak demikian waktu akan terbuang dengan percuma. Contoh lainnya adalah jika membutuhkan alat bantu untuk pengembangan bisnis baik berupa software maupun script, maka akan lebih baik bila langsung membeli pada orang lain daripada membuat sendiri. Karena jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang hal ini, akan diperlukan waktu yang sangat lama untuk menguasainya. Sehingga waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat akan tereduksi.

5. Koleksi Alamat Pengunjung

Harus diupayakan untuk mengumpulkan alamat orang-orang yang telah mengunjungi dan submit pada website. Jika tidak melakukannya berarti telah melakukan hal yang sia-sia. Alamat prospek yang berhasil dikumpulkan melalui opt-in email merupakan orang-orang yang akan menjadi target follow up. Kita bisa memberikan kepada mereka beberapa informasi secara kontinyu dan otomatis.

Pengunjung umumnya akan membeli pada orang yang telah mereka kenal sebelumnya. Oleh karena itu tidak ada cara yang lebih baik selain memperlihatkan kepada mereka bahwa bisnis kita bisa dipercaya dan anda expert di dalamnya. Hubungi mereka dalam jeda waktu yang telah ditentukan secara otomatis. Jangan biarkan teronggok begitu saja. Selain pemborosan space juga tidak memperoleh manfaat apa-apa.

Jika cukup memiliki kemampuan tulis-menulis, sangat dianjurkan untuk membuat ezine sendiri. Gunakan kemampuan menulis untuk membuat artikel yang berkualitas. Buat ezine sesuai kemampuan bidang kita. Menurut pengamatan selama ini, ezine yang paling laris adalah dengan tema pemasaran atau promosi online. Ezine semacam ini sangat diburu oleh online marketer. Dengan menjadi ezine publisher berarti akan memperoleh keuntungan ganda. Satu sisi bisa menjual produk pada pembaca ezine dan pada sisi yang lain bisa memperoleh fee atas space iklan yang disediakan. Cara ini cukup akurat untuk menjaring ratusan bahkan ribuan pengunjung agar dengan senang hati menyerahkan email mereka.

6. Memiliki Motivasi Kuat dan Konsisten

Jangan pernah punya anggapan bahwa bisa sukses di bisnis online hanya dalam semalam. Tidak akan pernah ada sebuah kesuksesan muncul dengan tiba-tiba. Kita harus punya komitmen untuk maju. Jika sering menemui slogan CEPAT KAYA dari internet, maka itu harus diwaspadai. Kita harus alokasikan waktu dan uang disini. Jika serius dan bersungguh-sungguh besar kemungkinan akan berhasil.

Juga harus diingat, bahwa untuk mengembangkan bisnis di internet tidaklah cukup hanya dengan 1 jam. Apalagi jika bisnisnya masih baru. Akan banyak dibutuhkan waktu untuk menjadi mapan. Jika bisnis online telah mapan mungkin baru boleh bersantai. Namun dalam proses pengembangannya tidak bisa tidak harus banyak mengorbankan waktu. Bahkan alokasi waktu yang dibutuhkan bisa sama dengan usaha konvensional selama ini.

Bisnis online memang mudah. Tapi hal itu bukan berarti bisa berlaku setengah hati. Masih banyak pemahaman yang sangat-sangat keliru tentang bisnis ini. Bahkan yang lebih fatal adalah orang masih memiliki anggapan bahwa cukup mendaftar pada sebuah program bisnis, lalu diam. Tunggu uang mengalir ke rekening pribadi. Sungguh ini adalah anggapan yang tidak mendidik sama sekali. Pemahaman semacam ini hanyalah sebuah pembodohan. Bagaimana bisa sukses jika tidak berupaya dan kerja keras? Orang yang telah berusaha keras saja kadangkala tidak memperoleh hasil. Lalu bagaimana orang yang tidak berusaha sama sekali? Apakah masih pantas untuk mengharapkan hasil?

Jadi intinya, jika ingin sukses pada bisnis apapun, maka harus ada upaya dan komitmen. Harus menyediakan waktu yang cukup untuk mengelola bisnis online. Tidak perlu meninggalkan rumah. Atur dari rumah atau dari kantor disela-sela waktu rehat.

7. Jangan Abaikan Promosi

Disini sudah sangat sering disebutkan tentang pentingnya sebuah promosi. Bahwa sia-sialah sebuah produk yang luar biasa jika tanpa promosi. Ya! Memang demikian kenyataan yang ada. Tanpa sebuah promosi, tidak akan memperoleh pengunjung. Tanpa pengunjung, tidak akan ada pembelian. Tanpa pembelian maka tak akan ada income. Tidak ada income maka bisnis tersebut tinggal menghitung hari menuju wafat. Kita harus bisa ciptakan sebuah produk yang unik dengan metode pemasaran yang jitu. Lakukan evaluasi terhadap kinerja promosi yang telah dibuat. Apakah telah cukup baik? Atau malah sebaliknya?

8. Gunakan Promosi Yang Elegan

Masih seputar promosi. Dalam bisnis di internet ada sebuah etika promosi yang tidak boleh dilanggar begitu saja. Apa itu? SPAM. Ya! SPAM telah dianggap sebagai sebuah kejahatan di negara maju. Walaupun di negara kita belum memiliki aturan baku tentang SPAM, sebaiknya dihindari sebisa mungkin.

Masih banyak cara promosi atau penawaran produk dengan lebih terhormat. SPAM tidak akan memberikan hasil yang positif bagi kelangsungan bisnis. Bahkan orang sudah tidak respek kali pertama menerima email SPAM. Untuk menarik minat orang mengunjungi situs sebaiknya beri insentif kepada mereka. Misalnya berikan mereka sebuah ebook gratis, software atau artikel bermutu yang memang mereka butuhkan.

Jalan lain yang juga harus dihindari adalah jangan pernah berkirim promosi ke forum online yang tidak relevan. Atau jangan promosi secara terbuka pada forum yang tidak mendukung. Jika ingin memanfaatkan sebuah forum online, gampang saja. Kirim sebuah artikel atau informasi yang dibutuhkan member forum. Jangan menawarkan produk atau jasa. Kita hanya boleh memasukkan sebuah link bisnis pada akhir tulisan. Itu saja. Jika artikel tersebut cukup memberi solusi, biasanya mereka akan mencari lebih lanjut tentang kita. Nah, pada sisi inilah link bisnis akan menjawab. Ini adalah semacam pintu masuk untuk akses pada website bisnis yang sebenarnya.

[ dikutip dari berbagai sumber ]

Search Amazon.com for internet marketing

, , ,