Hari Ini:

Kamis 27 Jul 2017

Jam Buka Toko:

Jam 08.00 s/d 18.00 WIB

SMS/Whatsapp:

08157988779

BB Messenger:

7E7424C0

Email:

2ndchoices@gmail.com

Layanan Online:

Testimoni

Pembayaran Melalui

7 Kekuatan Tersembunyi Dalam Tubuh

03 October 2012 - Kategori Blog

1. Rambutmu, ‘Superman’Mu
Salah satu bagian tubuh yang sulit dihancurkan adalah rambut. Kerusakan rambut berjalan sangat lambat. Rambut bahkan dapat bertahan lebih lama daripada bagian tubuh. Mumi yang telah berusia ratusan bahkan ribuan tahun lamanya masih memiliki rambut di kepalanya. Iklim, kelembapan, suhu, zat asam dan kimia, tidak dapat menghancurkan rambut. Satu-satunya yang dapat merusak rambut adalah api, karena struktur rambut terdiri dari bahan karbon yang mudah terbakar.

2. Kekuatan Asam Lambung
Perut adalah salah satu bagian tubuh yang paling kuat. Di dalam perut terdapat asam lambung yang dapat melarutkan zat seng. Kita mungkin bertanya-tanya apakah asam lambung yang begitu kuat dapat membuat perut kita berlubang? Hal ini tidak terjadi karena lapisan di dalam perut kita dapat segera memperbarui dinding dengan cepat untuk mencegah kerusakan karena asam lambung. Kemampuan memperbarui dengan cepat inilah, yang membuat perut manusia tidak berlubang.

3. Ginjal, Sang Penyaring Alami
Ginjal berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh. Setiap ginjal memiliki 1 juta penyaring. Ini herarti tubuh kita mengandung 2 juta penyaring, yang menyaring 1,3 liter darah per menit dan mengeluarkan urine 1,4 liter per hari. Tanpa fungsi penyaring ginjal, racun akan menumpuk di dalam tubuh dan kita akan sering sakit. Inilah sebabnya orang-orang yang mengalami penyakit gagal ginjal perlu melakukan cuci darah secara rutin.

4. Kita Adalah Makhluk Visual
Manusia adalah makhluk visual, sebab sebagian informasi yang kita peroleh berasal dari indra penglihat, yaitu mata. Sebagai pembanding, kelelawar dapat memproses sebagian besar informasi yang diperoleh melalui telinganya. Kita memproses lebih dari 90% informasi melalui mata, dan 10% lainnya diproses melalui indra peraba, perasa, pencium, dan pendengar.

5. Melewati Batas Kecepatan
Manusia tidak dapat bergerak secepat cheetah, tetapi pada saat bersin manusia dapat melebihi kecepatan 160 km/jam. Ketika bersin, kita mengeluarkan udara dari hidung dan mulut dengan kecepatan 160 km/jam. Sebaiknya kita jangan pernah menahan bersin. Apabila tetap nekat dapat berakibat patah tutang rawan hidung, mimisan, pecahnya gendang telinga, gangguan pendengaran, vertigo (gejala sakit kepala terasa berputar), dan retina yang tertepas. Hal ini disebabkan karena tubuh berusaha menahan kecepatan bersin yang tinggi.

6. Kematian Ratusan Juta Sel
Setiap 60 detik tubuh kita kehilangan 300.000.000 sel. Ini merupakan jumlah sel yang sangat banyak, sama seperti dengan jumlah populasi di negara Amerika Serikat. Jika jumlah sel yang mati sangat banyak, lantas kenapa tubuh manusia tidak membusuk? Karena jumlah sel yang lahir tebih banyak dibandingkan jumlah sel yang mati. Setiap hari, sekitar 10 – 50 triliun sel baru terbentuk di dalam tubuh kita untuk menggantikan sel-sel yang mati.

7. Kekuatan Tulang
Kita sering mendengar istilah patah tulang. Apakah benar tulang kita patah? Tulang ternyata cukup kuat lho! Satu blok tulang sebesar korek api ternyata dapat menahan berat sampai 9 ton.

[ dikutip dari buku ‘Kisah 1001 Fakta-Fakta Paling Super Di Dunia’ ditulis oleh Nia Kamaladewi ]

, ,